Buat kalian yang penasaran, yuk simak bacaan ini sebentar aja. Siapa tahu tercerahkan idenya yang buntu. hihihi
Cara Memilih Masalah dalam Penelitian
Strategi atau cara yang dapat dilakukan untuk memilih masalah penelitian antara lain sebagai berikut :
1. Membaca Literatur Penelitian
Pada proses mengidentifikasi masalah seorang peneliti diharuskan untuk melakukan kajian literatur tentang topik atau materi kajian penelitian yang dipilih. Dalam prosesnya, seorang peneliti harus bertanya dan menjawab pertanyaan seperti, sudahkah penelitian tentang masalah ini dilakukan sebelumnya? jika demikian, apa yang telah dipelajari? Apakah metode yang saya gunakan lebih buruk dari pada, sebaik, atau lebih baik dari metode yang digunakan sebelumnya? apakah masalah dalam penelitian saya sudah signifikan? Atau ada permasalahan menarik lain yang harus dikaji? Dalam membaca literatur, perlu diingat bahwa peneliti biasanya menyebutkan masalah yang perlu diselidiki diakhir laporan mereka.
2. Melakukan Riset Berbasis Teori
Penelitian berbasis teori biasanya terdiri dari pengujian hipotesis (spekulasi tentang hubungan antara dua variabel atau lebih) yang dialihkan dari sebuah teori. Sebuah hipotesis untuk prediksi yang dapat diuji tentang fenomena yang dapat diamati yang didasarkan pada teori yang membangun dan hubungan mereka yang diduga. Penelitian berbasis teori tentang fenomena pendidikan memiliki beberapa keuntungan, terlepas dari apakah itu melibatkan penggunaan metode kuantitatif atau kualitatif. Pertama, penelitian berbasis teori biasanya menghasilkan temuan penting. Tanpa teori sebagai titik awal atau akhir, banyak penelitian membahas beberapa pertanyaan sepele atau tidak memberikan kontribusi apa pun pada akumulasi lambat pengetahuan yang dibutuhkan untuk kemajuan pendidikan sains. Kedua, teori dapat memberikan dasar rasional untuk menjelaskan atau menafsirkan hasil penelitian. Penelitian tanpa landasan teoritik sering menghasilkan hasil yang peneliti tidak bisa jelaskan. Studi semacam itu masih dapat membantu dalam pengembangan teori, tetapi dampaknya pada pemahaman kita tentang fenomena yang sedang dipelajari jauh lebih jelas dan langsung daripada penelitian yang didasarkan pada teori yang ada atau yang menemukan teori.
3. Mengembangkan Penelitian Sebelumnya
Mengembangkan masalah yang diselidiki penelitian sebelumnya atau peneliti yang lain merupakan strategi lain dari pemilihan masalah. Perlunya pengembangan bahkan lebih penting dalam pendidikan karena studi sering memiliki kelemahan dalam metodologi atau generalisasi yang sangat terbatas. Oleh karena itu, Anda mungkin dapat memberikan kontribusi yang berharga dengan mengulang, dan meningkatkan, studi penelitian yang dilakukan peneliti lain. Yang dimaksud dikembangkan disini bukan menjiplak karya atau hasil penelitian orang. Akan tetapi, penelitian yang dikembangkan penelitian orang lain itu sebagai berikut:
- Untuk memeriksa temuan – temuan yang baru
- Untuk memeriksa validitas temuan penelitian diberbagai populasi
- Untuk memeriksa tren atau berubah seiring berjalannya waktu
- Untuk memeriksa temuan penting menggunakan metode yang berbeda
- Untuk mengembangkan intervensi yang lebih efektif dan efisien
DAFTAR RUJUKAN
Mattick, et.al. 2018. How to write a good research question. John Wiley & Sons Ltd and The Association for the Study of Medical Education. The Clinical Teacher. 15: 104- 108.
Sudjana, N dan Ibrahim. 2014. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Pratiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryabrata, I. 2000. Langkah-Langkah Penelitian.http://ibnurusdi.wordpress.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar